Bagaimana Nutrisi Yang Sehat Untuk Ibu Menyusui?

Nutrisi Yang SehatApa Makananan Sehat Saat Menyusui ? Nutrisi Yang Sehat memiliki segala macam manfaat untuk ibu dan bayi . Sangat penting untuk makan sehat saat menyusui. ASI sangat bergizi dan mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda selama 6 bulan pertama kehidupan. Konsekuensinya, kebutuhan Anda akan sebagian besar nutrisi meningkat untuk memenuhi permintaan ini.

Nutrisi Yang Sehat

Artikel ini menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang Nutrisi Yang Sehat saat menyusui. Makan sehat juga akan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk merawat diri sendiri dan bayi Anda. Terlebih lagi, makan makanan sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan kehamilan lebih cepat.

ASI Sangat Bergizi

Dengan pengecualian vitamin D, ASI mengandung segala yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan yang layak selama enam bulan pertama kehidupan. Komposisi ASI sangat diatur, dan diet Anda hanya memiliki efek terbatas pada konsentrasi beberapa nutrisi . Namun, jika keseluruhan diet Anda tidak memberikan jumlah nutrisi yang cukup, itu dapat mempengaruhi kualitas ASI Anda dan kesehatan Anda sendiri.

Tidak seperti susu formula, kandungan kalori dan komposisi ASI bervariasi. ASI berubah selama setiap menyusui dan selama periode menyusui Anda, untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda .Pada awal menyusui, ASI lebih berair dan biasanya memuaskan dahaga bayi. Susu yang dihasilkan kemudian lebih tebal, lebih tinggi lemak dan lebih bergizi.

Faktanya, susu ini mungkin mengandung 2-3 kali lebih banyak lemak daripada susu sejak awal menyusui, dan 7-11 kalori lebih banyak per ons . Karena itu, untuk mendapatkan susu yang paling bergizi, penting bagi bayi Anda untuk mengosongkan satu payudara sebelum beralih ke yang lain.

Bagaimana mendapatkan nutrisi sehat pada saat menyusui?

Menyusui Mungkin Membutuhkan Lebih Banyak Kalori

Membuat ASI adalah pekerjaan berat bagi tubuh Anda. Diperkirakan menyusui meningkatkan kebutuhan energi Anda sekitar 500 kalori per hari. Anda juga memiliki kebutuhan yang meningkat akan sebagian besar nutrisi, jadi sangat penting untuk makan makanan yang sehat dan bervariasi.

Karena perubahan hormon dalam tubuh Anda, Anda mungkin memiliki nafsu makan yang lebih besar dan lebih rentan untuk mempertahankan lemak tubuh. Membatasi kalori terlalu banyak, terutama selama beberapa bulan pertama menyusui, dapat menurunkan suplai ASI dan tingkat energi yang sangat dibutuhkan .Namun, Anda mungkin akan mengalami peningkatan pembakaran lemak spontan setelah 3-6 bulan menyusui dan mulai kehilangan berat badan lebih banyak dibandingkan ibu yang tidak menyusui.

Makanlah Makanan Padat Nutrisi

Kebutuhan nutrisi Anda lebih besar saat menyusui, baik untuk memenuhi kebutuhan bayi dan Anda sendiri. Jumlah nutrisi dalam makanan Anda dapat secara langsung memengaruhi kehadirannya dalam ASI Anda. Di sisi lain, beberapa nutrisi ditransfer ke dalam ASI terlepas dari asupan Anda. Sangat penting untuk makan berbagai makanan bergizi dan utuh untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda dan bayi butuhkan.

Berikut adalah beberapa makanan bergizi yang harus Anda makan saat menyusui:

  • Ikan dan makanan laut: Salmon , rumput laut, kerang, dan sarden.
  • Daging: Daging sapi , domba , babi dan daging organ , seperti hati.
  • Buah-buahan dan sayuran: Buah beri, tomat , kol, kangkung , bawang putih dan brokoli .
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian: Almond, kenari , biji chia , biji rami dan biji rami .
  • Makanan lain: Telur, gandum , kentang , quinoa , soba , dan cokelat hitam .

Baca Juga :Jadwal Imunisasi Anak Penting Untuk Diketahui

Selain itu, UntukĀ  mendapatkan Nutrisi Yang Sehat hindari makanan olahan sebanyak mungkin karena biasanya tinggi kalori, gula tambahan dan lemak tidak sehat.Penting untuk mengonsumsi beragam makanan padat gizi, seluruh makanan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan gizi yang menyertai menyusui.