Mengenal Taman Nasional Gunung Leuser

Mengenal Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu Kawasan Konservasi Alam di Indonesia yang meliputi area seluas 1.094.692 hektar. Pemerintahannya terletak di dua provinsi di Aceh dan Sumatra Utara. Hutan ini dominan di Aceh Timur, Aceh Selatan dan Langkat Sumatera Utara; ini dikenal dengan hasil kopi dan tembakau kelas dunia.

Mereka yang suka bepergian dapat memulai petualangan di taman nasional gunung leuser ini melalui Bukit Lawang, Sumatera Utara. Di Artikel Terbaru ini menjelaskan bahwa di sana ada orangutan yang hidup di dalam hutan. Hutan Gunung Leuser juga memiliki kekayaan buah-buahan tropis seperti mangga, rambutan, durian, alpukat, jeruk, pepaya, dan jambu biji.

Sudah Tahukah Anda Kekayaan Alam Tersembunyi Di Taman Nasional Gunung Leuser?

Taman Nasional Gunung Leuser dan daerah sekitarnya dikenal sebagai Ekosistem di sana yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Ada sekitar ratusan spesies yang dapat diidentifikasi di Taman Nasional Gunung Leuser. Yaitu harimau Sumatra, gajah, badak, owa, monyet, macan tutul, reptil, ikan. Dan ratusan spesies burung.

Taman ini memiliki puncak tertinggi 3.381 m dan merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia dan paling beragam. Dengan luas 7.927 km² di ujung utara Sumatera. Taman Nasional Gunung ini sendiri mengambil namanya dari Gunung Leuser (3404 M asl) di Aceh. Taman Nasional mencakup ekosistem asli dari pantai ke gunung-gunung tinggi yang ditutupi dengan hutan lebat khas hujan tropis. Tempat ini dikelola oleh sistem zonasi untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, dukungan budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Baca juga tentang Ide Bisnis untuk Lulusan Akademi Kewirausahaan

Taman Nasional Gunung Leuser adalah wilayah yang sangat luas. Termasuk hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan hutan sampai subalpine. Dengan berbagai ekosistem yang dimilikinya, taman nasional sebenarnya adalah sebuah kelompok dari berbagai cagar alam dan hutan. Seperti Cagar Alam Gunung Leuser, Cagar Alam Kappi, Cagar Alam Kluet.  Suaka Margasatwa Sikundur-langkat, Stasiun Penelitian Ketambe, Singkil Barat , dan Dolok Sembilin.

Taman nasional gunung leuser ini mencakup lebih dari ratusan kilometer Pegunungan Bukit Barisan. Yang terkenal karena kondisi medan pegunungannya yang curam dan hampir tidak dapat diakses. Sungai Alas yang menakjubkan memotong taman ini menjadi bagian timur dan bara. Di mana Anda dapat menemukan pemandangan hutan tropis yang akan memanjakan pemandangan Anda.