Jadwal Imunisasi Anak Penting Untuk Diketahui

Jadwal Imunisasi Anak Penting Untuk Diketahui ! apakah akan berdampak pada kesehatan anak bila terlambat jadwal imunisasi? Bila pemberian imunisasi terlambat dari jadwal, sebenarnya tidak akan mengurangi efektivitas vaksinasi tersebut untuk membentuk imunitas tubuh.

Pada artikel ini akan membahas tentang imunisasi anak penting diketahui oleh semua ibu. Selama jangka waktu keterlambatan dalam imunisasi tersebut, antibodi yang dimiliki anak untuk melawan jenis penyakit tersebut akan melemah. Akibatnya, anak lebih rentan terserang penyakit tersebut. Jika terlambat, Parents tidak perlu mengulang pemberian vaksinasi dari awal, melainkan cukup memberikan imunisasi lanjutannya. Lain kali, usahakan agar imunisasi dilakukan tepat waktu. Melakukan imunisasi sesuai jadwal bisa melindungi anak dari penyakit secara optimal. Plus, juga akan memudahkan orang tua mengecek kelengkapan pemberian imunisasi.

Imunisasi adalah suatu tindakan untuk memberikan perlindungan atau kekebalan di dalam tubuh bayi dan Anak. Adapun tujuan dari Imunisasi adalah untuk mencegah penyakit-penyakit menular yang sangat berbahaya bagi bayi dan anak. Beberapa penyakit yang dapat dicegah melalui Imunisasi adalah Penyakit TBC (Tuberkulosis), Difteri, Pertusis (batuk 100 hari), Tetanus, Poliomielitis, Campak, Hepatitis, Mump, Rubella, Tifus dan lain sebagainya.

Imunisasi biasanya lebih fokus diberikan kepada anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka masih belum sebaik orang dewasa, sehingga rentan terhadap serangan penyakit berbahaya. Imunisasi tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan secara bertahap dan lengkap terhadap berbagai penyakit yang sangat membahayakan kesehatan dan hidup anak.

Tujuan dari diberikannya suatu imunitas dari imunisasi adalah untuk mengurangi angka penderita suatu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan imunisasi yaitu seperti hepatitis B, campak, polio, difteri, tetanus, batuk rejan, gondongan, cacar air, tbc, dan lain sebagainya.

Macam-macam / jenis-jenis imunisasi ada dua macam, yaitu imunisasi pasif yang merupakan kekebalan bawaan dari ibu terhadap penyakit dan imunisasi aktif di mana kekebalannya harus didapat dari pemberian bibit penyakit lemah yang mudah dikalahkan oleh kekebalan tubuh biasa guna membentuk antibodi terhadap penyakit yang sama baik yang lemah maupun yang kuat.

Apakah Jadwal Imunisasi Anak Penting Untuk Diketahui ?

Teknik atau cara pemberian imunisasi umumnya dilakukan dengan melemahkan virus atau bakteri penyebab penyakit lalu diberikan kepada seseorang dengan cara suntik atau minum / telan. Setelah bibit penyakit masuk ke dalam tubuh kita maka tubuh akan terangsang untuk melawan penyakit tersebut dengan membantuk antibodi. Antibodi itu uumnya bisa terus ada di dalam tubuh orang yang telah diimunisasi untuk melawan penyakit yang mencoba menyerang.

Lahir

Jenis Vaksin : Hepatitis B1 dan Polio 0
Penyakit yang dicegah : Hepatitis B dan Polio

Umur 1 bulan

Jenis Vaksin : Hepatitis B2
Penyakit yang dicegah : Hepatitis B

Umur 2 bulan

Jenis Vaksin : Polio 1, BCG, DTP 1, Hib 1, PCV 1, Rotavirus 1
Penyakit yang dicegah : Polio, Tuberklosis (TBC), Difteri, Tetanus, Pertusis, Hib, Meningitis, Rotavirus

Umur 4 bulan

Jenis Vaksin : Polio 2, DTP 2, Hib 2, PCV 2, Rotavirus 2
Penyakit yang dicegah : Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Hib, Meningitis, Rotavirus

Umur 6 bulan

Jenis Vaksin : Hepatitis B3, Polio 3, DTP 3, Hib 3, PCV 3, Rotavirus 3, Influenza
Penyakit yang dicegah : Hepatitis B, Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Hib, Meningitis, Rotavirus, Influenza

Umur 9 bulan

Jenis Vaksin : Campak 1
Penyakit yang dicegah : Campak

Umur 12 bulan

Jenis Vaksin : PCV 4 dan Varisela
Penyakit yang dicegah : Meningitis, Varisela/Cacar Air

Umur 15 bulan

Jenis Vaksin : Hib 4 dan MMR 1
Penyakit yang dicegah : Hib, Mumps/Gondong, Rubella

Umur 18 bulan

Jenis Vaksin : Polio 4 dan DTP 4
Penyakit yang dicegah : Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis

Umur 24 bulan

Jenis Vaksin : Tifoid dan Hepatitis A
Penyakit yang dicegah : Tifoid, Hepatitis A

Umur 5 tahun

Jenis Vaksin : Polio 5, DTP 5, MMR 2
Penyakit yang dicegah : Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Mumps/Gondong, Rubella

Umur 6 tahun

Jenis Vaksin : Campak 2
Penyakit yang dicegah : Campak

Umur 10 tahun

Jenis Vaksin : TD 6 (Tetanus dan Difteri)
Penyakit yang dicegah : Tetanus, Difteri

Umur 18 Tahun

Jenis Vaksin : TD 7 (Tetanus dan Difteri)
Penyakit yang dicegah : Tetanus, Difteri

Itulah beberapa ulasan tentang tentang jadwal imunisasi anak penting diketahui oleh seluruh ibu. Pemberian vaksin sangat berpengaruh pada kesehatan anak Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah keilmuan kita.